Minggu, 29 Juni 2014

Cara Aktifkan F8 Safemode saat Booting Windows 8

Safe Mode di Microsoft Windows adalah suatu keadaan yang mana Windows hanya menggunakan driver yang memang dibutuhkan untuk menjalankan system Windows. Saat Safe Mode , Windows tidak akan menjalankan startup yang tidak dibutuhkan. Safe Mode berguna saat system komputer mengalami kesalahan karena driver yang tidak cocok, komputer terkena virus atau malware, selain itu juga Safe Mode bisa digunakan saat akan unistall Software yang bandel seperti antivirus atau yang lain. Safe Mode di Windows XP sampai 7 dapat diakses dengan menekan tombol F8 saat booting lalu memilih Safe Mode, tetapi untuk Windows 8 maupun Windows 8.1 , untuk bisa Safe Mode harus masuk ke msconfig atau Advanced Startup yang ada di PC Setting pada saat Windows dalam keadaan Normal. Namun cara tersebut sangat merepotkan apalagi jika komputer tidak dapat berjalan dengan normal, Untuk bisa menjalankan Safe Mode dengan Menekan F8 saat Booting Windows 8 atau 8.1 silahkan simak tutorial berikut ini.


1. Buka Command Prompt

Buka Command Prompt, dapat dibuka dengan menekan tombol Windows + tombol X yang ditekan secara bersamaan , kemudian pilih Command Prompt (admin). Selanjutnya jika muncul jendela User Account Control klik saja Yes.


2. Ketikkan Script

Selanjutnya setelah Command Prompt terbuka ketikkan teks dibawah ini kemudian tekan enter
bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes


3. Restart Komputer

Tutup jendela Command Prompt kemudian restart komputer anda . Kemudian coba apakah saat F8 di tekan saat booting berfungsi atau tidak.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar