Kamis, 18 Juli 2013

SKEMA JARINGAN INTERNET

Apakah Pengertian Jaringan Internet Itu??












Skema Sebuah Jaringan Internet

Dilihat dari asal katanya, internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking yang merupakan sistem global yang sangat kompleks yang menghubungkan semua jaringan komputer menggunakan Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang berfungsi untuk melayani milyaran pengguna internet dari seluruh dunia.
Jaringan Internet merupakan jaringan yang menghubungkan jutaan komputer dari seluruh dunia, tanpa mengenal batas wilayah atau negara. Setiap orang yang mempunyai komputer bisa bergabung dalam jaringan tersebut dengan dengan melakukan koneksi ke ISP (Internet Service Provider = Penyedia Layanan Internet). Beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia misalnya IndosatNet, Telkom Speedy, dll. Internet bisa pula diartikan sebagai Jaringan Internasional (International Networking) karena mampu menghubungkan jutaan komputer secara international atau dari bebagai negara, atau sebagai Jaringan Antar Jaringan (Internetworking) karena mampu menghubungkan jutaan jaringan dari seluruh dunia.

Diagram atau Skema Jaringan Komputer
Berikut adalah berbagai macam diagram jaringan atau skema jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumahan, kantoran atau jaringan korporasi. Sebelumnya perlu juga diketahui bahwa suatu computer dalam suatu jaringan memerlukan suatu kartu jaringan yang disebut Ethernet Card / NIC adapter dengan RJ-45 port baik yang berkecepatan 10/100Mbps ataupun yang gigabit Ethernet.

Jaringan Dua Komputer
Jaringan yang paling sederhana adalah jaringan yang menghubungkan dua buah computer. Skema jaringan dua computer bisa dilihat pada gambar 1 berikut ini.














Gb 1 Skema jaringan 2 komputer

Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang anda pakai. Untuk koneksi back-to-back anda harus menggunakan konfigurasi kabel cross UTP. Akan tetapi ada beberapa jenis adapter NIC yang mempunyai fitur Auto-MDIX atau Autosensing ports dimana anda bisa menggunakan jenis kabel cross atau straight dan system akan mendeteksi secara automatis dan menyesuaikan seperlunya.
Anda juga bisa menggunakan sebuah Switch untuk bisa menghubungkan kedua computer atau lebih untuk membentuk sebuah jaringan workgroup yangbisa saling berkomunikasi. Satu hal yang perlu diperhaikan adalah pemberian IP address untuk masing-masing computer. Konfigurasikan property TCP/IP dari masing-masing computer dengan contoh IP address dibawah.
Komputer A: IP address = 192.168.10.10 subnet mask 255.255.255.0
Komputer B: IP address = 192.168.10.12 subnet mask 255.255.255.0
Biarkan gateway dan DNS kosong

Skema Jaringan Wireless Router
Salah satu tujuan utama anda mempunyai jaringan wireless dirumah adalah untuk bisa berbagi koneksi Internet broadband anda (misal Speedy). Untuk itu umum digunakan sebuah wireless router yang dikoneksikan ke sebuah modem (tanpa fitur router). Pada umumnya ISP anda memberikan modem yang sudah dilengkapi dengan router dengan dilengkapi satu atau empat Ethernet port. Gambar 2 berikut adalah skema jaringan computer wireless yang menggunakan sebuah wireless router yang dikoneksikan kepada modem.









Gb 2 Skema jaringan wireless

Gunakan kabel UTP cross untuk menghubungkan Ethernet port (RJ-45 port) pada modem disalah satu ujung kabel, dan salah satu ujung kabel lainnya koneksikan kepada port WAN dari router anda. Ada beberpa jenis router yang juga dilengkapi dengan sebuah port USB untuk anda gunakan sebagai sharing printer agar bisa diakses lewat jaringan misal D-Link DIR-632 yang juga dilengkappi sampai 8-port Ethernet.
Anda juga bisa menghubungkan XBOX game console anda kepada jaringan wireless tentunya dengan menambahkan sebuah adapter wireless XBOX.

Skema Jaringan Kantor Kecil
Walaupun prinsipnya sama, untuk jaringan business kantoran kecil skema jaringan pada gambar 3 berikut bisa mewakili berbagai macam jaringan untuk keperluan bisnis anda. Diagram atau skema jaringan ini terdiri dari sebuah router (yang merupakan pelindung garis depan dari jaringan internal anda), sebuah firewall (yang juga merupakan pelidung jaringan anda dengan filter security) dan juga skema jaringan internal anda dengan beberapa computer desktop dan sebuah server.









Gb 3 - Skema jaringan LAN

Skema jaringan dalam suatu corporasi biasa juga digunkan untuk membantu anda dalam membuat suatu risk assessment tentang titik-titik kritis yang perlu diberikan perhatian dalam mengantisipasi kemungkinan adanya disaster.
Gambar berikut adalah diagram jaringan computer Wi-Fi di rumah yang terdiri dari modem broadband, wireless router sebagai pusat jaringan, serta wireless bridge media jika anda mempunyai beberapa home theatre.










Untuk koneksi broadband Internet dari ISP (penyedia layanan internet), sebuah modem dibutuhkan. Biasanya modem ini dikoneksikan langsung kesebuah computer melalui kabel USB.
Scenario pertama, anda memerlukan jaringan computer sederhana dirumah agar bisa berbagi internet dengan dua atau lebih computer, dan juga bisa berbagi printer lewat jaringan. Anda cukup memerlukan sebuah ADSL modem router misal DSL-2540 dari D-Link. Device ini sudah termasuk modem ADSL dan router serta fungsi firewall dan DHCP yang memungkinkan anda bisa berbagi internet sampai 4 komputer lewat kabel UTP. By default, DHCP server pada modem ini sudah active, jadi computer anda perlu di set automatic saja untuk dapat IP dari modem-router ini.
Jika anda memerlukan akses jaringan wireless, maka anda perlu menambahkan wireless access point kepada modem anda. Atau pilih saja piranti ADSL modem wireless router misal TD-W8961ND Wireless N ADSL2+ Modem Router dari TP-Link. Piranti ini sudah termasuk ADSL modem, 4-port Switch 10/100Mbps, dan wireless access point. Dalam gambar diatas, piranti ini sudah mewakili modem dan wireless router yang terintegrasi menjadi satu piranti.
Bagaimana jika anda memerlukan sharing printer USB anda? Pada umumnya sharing printer dilakukan secara traditional dengan memasang pada salah satu computer dan dikonfigurasi untuk bisa sharing lewat jaringan. Atau anda bisa membeli sebuah piranti printer-server agar bisa sharing printer tanpa harus sharing menggunakan computer. Yang lebih praktis, anda bisa memilih sebuah wireless router yang mempunyai port USB yang bisa digunakan sharing printer. Tapi tidak semua USB port pada wireless router bisa diberdayakan untuk sharing printer.
Untuk itu sudah selayaknya anda memerlukan sebuah wireless router yang mempunyai port USB untuk sharing printer missal saja D-Link DIR-632. DIR-632 ini dilengkapi dengan 8 buah port Ethernet 10/100Mbps dan sebuah USB port untuk bisa sharing printer atau storage. Router ini sangat ideal untuk kantoran kecil atau kantor rumah anda.
Scenario kedua, jika anda menginginkan suatu jaringan wireless dimana anda bisa bekerja dan bermain game dan juga streaming video, maka anda fokuskan router yang berkecepatan tinggi dan jernih. Anda bisa memilih router dengan spec wireless N dual band dan Quality of Service misalkan Netgear WNDR3400 atau bisa juga F7D4302 Belkin Wireless Play Router.
Jika anda memerlukan suatu jaringan computer untuk keperluan gaming yang responsive dan streaming High Definition video yang bebas getar dengan jangkauan rumah yang besar maka jaringan anda haruslah yang berperforma tinggi. Misal saja jaringan wireless yang dibuat dari Linksys E-3000 (atau seri terbarunya Linksys E-4200) atau WNDR37Av dari Netgear. Kedua router ini di-design untuk multimedia misal untuk online gaming responsive dan streaming HD media dengan jangkauan yang lebih luas. Keduanya adalah simultaneous dual-band wireless gigabit router, keduanya dilengkapi dengan 4-port Gigabit Ethernet dan juga 1 WAN port Gigabit.
Nah apakah beberapa piranti home theater anda juga dilengkapi dengan Ethernet port yang bisa anda gunakan untuk koneksi ke internet? Kebanyakan piranti home theater sekarang ini seperti Blu-Ray player, XBOX, HDTV dilengkapi dengan Ethernet port yg bisa dikoneksikan ke wireless media bridge agar bisa koneksi ke jaringan wireless anda. Hal ini sangat bagus untuk menghilangkan sliweran kabel jaringan. Gunakan media bridge wireless dg multiple port seperti WLI-TX4-AG300N dari Buffalo. WLI-TX4-AG300N ini adalah wireless N dual band media bridge dengan 4-Ethernet port.
Pilihan router tersebut diatas didasarkan pada kebutuhan koneksi wireless agar bisa memberikan akses yang bersifat mobile tanpa harus repot dengan kabel jaringan. Dan tentunya harus didukung dengan sambungan broadband internet yang cepat dengan bandwidth yang lebar.
Scenario berikutnya adalah jika anda ingin membangun jaringan computer pada rumah tingkat anda yang meliputi akses jaringan wireless dimana untuk menarik kabel jaringan adalah sangat repot bahkan kurang memungkinkan sementara untuk akses wireless dari lantai satu ke lantai dua pada ujung sisi terjauh tidak terjangkau alias dead-spot? Solusi anda adalah menggunakan Wireless router dengan powerline adapter misal WNXR2000 N300 Wireless Router + Built-In Powerline Av atau gunakan saja dengan bantuan beberapa Powerline AV adapters.

Sumber:
http://www.sysneta.com/solusi-jaringan-komputer-kenali-kebutuhan-anda 6 Desember 2012 18:22

2 komentar:

  1. mass materi mantap,,,follow my blog http://www.wisataargamakmur.blogspopt.co.id

    BalasHapus
  2. mass materi mantap,,,follow my blog http://www.wisataargamakmur.blogspopt.co.id

    BalasHapus